jam

Jumat, 01 Juni 2012

Petani tua






PETANI TUA DAN SEMANGATNYA

Masyarakat Desa Gedangan mayoritas sudah mengenal sosok petani yang satu ini. Dia adalah Bapak Paniran Ketua GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) AMONG TANI Desa Gedangan Kecamatan Campurdarat  Kabupaten Tulungagung. Dia adalah sosok petani tua yang makin tua makin menjadi. Begitulah petani Desa gedangan mengenal Beliau karena di usia yang sudah 70-an tidak pernah luntur semangatnya untuk mengolah sawahnya sendiri tanpa harus melibatkan buruh tani kecuali bila benar – benar dibutuhkan.
Bapak Paniran memang Petani yang haus akan hal – hal baru dibidang Pertanian. Ketika masyarakat petani sekitar banyak menanam  padi yang biasa dibudidayakan misalnya varietas ciherang, cibogo dan lain – lain justru Bapak Paniran mencari varietas baru untuk ditanam disawahnya. Lain halnya dengan yang umum didesa gedangan mereka mayoritas menanam  varietas tanaman padi yang terbukti dan sering dibudidayakan.
Baru –baru ini Bapak Paniran juga menanam padi sistem TABELA (tanam benih langsung). Budidaya padi sistem TABELA berbeda dengan budidaya padi pada umumnya karena pada sistem budidaya ini tanpa adanya pesemaian. Benih padi langsung ditanam disawah dengan cara ditugal.  Siapa mau mencoba seperti petani yang satu ini? (sigit t)

2 komentar:

  1. P Sigit petani tua anda tidak mau menanam varietas padi yang biasa ditanam oleh petani gedangan,lalu varietas apa yang ditanam oleh p.paniran ? sentot campurboys

    BalasHapus
  2. Saya suka dengan pak paniran yang suka dan mau mencoba hal hal yang baru. untuk meyakinkan pembaca alangkah baiknya dalam postingan ini di tambahkan foto-foto kegiatan pak paniran. (anita ppl campurdarat)

    BalasHapus